Tuesday 28 July 2015

JADWAL RILIS APLIKASI DAPODIKDAS V.4.0.0 PADA TANGGAL 30 JULI 2015 JENJANG PENDIDIKAN DASAR

Kepastian rilis aplikasi dapodikdas versi terbaru ini saya dapar dari blog info-pgri.blogspot.com. Info berkaitan dengan jadwal rilis aplikasi dapodikdas yang berkaitan dengan penggunaannya untuk input data semester I tahun pelajaran 2015/2016.

Untuk meningkatkan performa Aplikasi Information Pokok Pendidikan Dasar (Dapodikdas), Versi 4.0.0 akan segera dirilis pada tanggal 30 Juli 2015. Demikian disampaikan Supriyatno, Kepala Subagian Information dan Informasi, Bagian Perencanaan dan Penganggaran, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Senin, 27 Juli 2015.

Aplikasi Ini untuk peningkatan performa Dapodikdas, sehingga versi sebelumnya diubah menjadi 4.0.0, ujar Supriyatno di ruang Dapodikdas, lantai lima, Gedung E, Kompleks Kemendikbud, Senayan, Jakarta.

Supriyatno menambahkan bahwa ada perbedaan antara Aplikasi Dapodikdas Versi 3.0.3 dengan Aplikasi Dapodikdas Versi 4.0.0 di antaranya :


  • Pencantuman Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) sekolah pada formulir sekolah.


  • Ada penambahan referensi baru yang meliputi wilayah dan operasional.Seiring dengan rilis Aplikasi Dapodik terbaru itu, operator sekolah diwajibkan untuk melakukan update atau penyempurnaan information, baik yang berhubungan dengan siswa, guru, serta sarana dan prasarana tegas Supriyatno.


  • Entri dan atau update information dapat dilakukan dengan menggunakan lebih dari satu komputer.

Perubahan versi di atas, juga terjadi pada Aplikasi Information Pokok Pendidikan Menengah (Dapodikmen) dari versi 8.1.4 menjadi 8.2.0.

Sementara itu, Yusuf Rokhmat, staf Information dan Informasi, menambahkan bahwa rilis Aplikasi Dapodikdas tersebut juga akan diiringi dengan peluncuran wajah baru laman Dapodikdasmen.

Ada metode tambah peserta didik baru online melalui Dapodikdasmen, sehingga operator sekolah tidak input ulang siswa kelas 7 (SMP), ujarnya. (M. Adib Minanurohim)

No comments:

Post a Comment