Monday 16 November 2015

INILAH LANJUTAN DARI UKG 2015

Uji kompetensi guru memang belum usai. Dari web resmi yaitu kemdikbud.go.id, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sedang mematangkan Penilaian Kinerja Guru (PKG) yang komperhensif. PKG merupakan tindak lanjut dari UKG. 



Nantinya, nilai UKG akan dijadikan jadi satu dengan PKG, skor akhir akan menjadi potret utuk kompetensi yang dimiliki seorang guru. Surapranata juga menerangkan bahwa PKG akan dilaksanakan tahun depan. Skema ini akan menilai guru secara menyeluruh, baik secara pengetahuan maupun kemampuan. Karena menurut beliau, orang yang jago matematika juga belum tentu mengajar matematika. 

Nantinya, ada empat komponen penilaian dalam PKG yaitu pengawas, kepala sekolah, siswa, dan komite sekolah. Untuk guru SMK juga ada penilaian dari dunia usaha dan industri. Dalam PKG, penilaian dari siswa termasuk komponen yang penting. 

Tujuan dari UKG dan PKG adalah guru Indonesia menjadi insan yang mau rajin belajar. Untuk mendukung pembelajaran tersebut, Ditjen GTK tengah menyiapkan modul-modul yang akan diunggah di laman internet. 

source : www.kemdikbud.go.id

No comments:

Post a Comment