Tuesday 15 September 2015

BEASISWA KE JEPANG UNTUK GURU



Assalamu'alaikum rekan guru semua. Kali ini saya akan memberikan informasi seputar beasiswa. Beasiswa ini bukan untuk siswa, akan tetapi untuk para guru. Beasiswa ditujukan untuk guru-guru di Indonesia.

Beasiswa ini merupakan bentuk program penataran guru yang diadakan oleh pemerintah negara Jepang. Program beasiswa ini dirancang khusus bagi para guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran sesuai dengan bidangnya.

Mereka akan diberikan pelatihan tentang cara mengajar, membuat dan menyusun rencana pelaksanaan pengajaran yang menarik minat peserta didik, dan hal-hal lain yang dapat meningkatkan kualitas pengajaran di Indonesia.

Program beasiswa ini berlangsung selama 1 tahun 6 bulan atau 3 semester. Persyaratan pun tak terlalu sulit. Seperti sudah SI/ D4 dan masih aktif mengajar baik ditingkat pendidikan dasar maupun menengah.

Akan tetapi, program ini ada pengecualian. Para guru pengampu mata pelajaran PKn, Bahasa daerah, Agama, Bahasa Arab, dan perhotelan tak diijinkan ikut program ini. Mungkin, di Jepang tak memiliki kurikulum tentang mata pelajaran tersebut.

Selain itu, usia saat mendaftar tidak boleh lebih dari 35 tahun. Program ini tidak ikatan dinas. Namun, tak perlu risau dan galau para guru karena masih disediakan biaya hidup kok. Persyaratan lain yang perlu diperhatikan adalah mau belajar bahasa Jepang, karena bahasa pengantar adalah bahasa Jepang.

Untuk lebih jelasnya berikut link resmi keduataan Jepang . Semoga informasi ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment